Lowongan Kerja Freelance

Lowongan Kerja Freelance
Dibutuhkan karyawan freelance dengan sistim kerja online. Bagi Anda yang tertarik silahkan lihat info selengkapnya di http://lowongankerjaonlinefreelance.blogspot.com/

Kamis, 12 Januari 2012

Fungsi Air bagi Tubuh


Segelas air saat cuaca panas memang sangat melegakan dahaga. Rasa haus pun hilang saat kita meminum air. Rasa haus yang dialami setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan supaya kita mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari, agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan normal. Air diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.   

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, akan berakibat pada menurunnya fungsi organ-organ tubuh. Sehingga, tubuh bisa dengan mudah terganggu oleh bakteri, virus, dan lain sebagainya. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan.
Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50–400 g per hari, kandungan airnya sekitar 60–90% persen bobot tinja, atau sekitar 50–60 ml air sehari.
Sedangkan air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembaban udara sekitar.
Kondisi tubuh akan menurun seiring dengan menurunnya kadar air di dalam tubuh, dan Anda tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. James M. Rippe menyarankan agar kita minum air paling sedikit 1 liter lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%. Bisa dimengerti, bila kehilangan 7% cairan, Anda akan merasa lemah dan lesu.
Jika Anda bekerja di ruangan ber-AC, dianjurkan untuk minum air lebih banyak karena tubuh sangat cepat kehilangan dehidrasi dalam udara yang dingin. Banyak minum air juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun, dianjurkan untuk membiasakan minum air, meskipun tidak terasa haus, untuk menyeimbangkan suhu. Sedangkan khusus bagi perokok, kapasitas konsumsi air putih harus lebih banyak dari ketentuan yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan, yaitu ditambah setengahnya.
Ada beberapa fungsi air bagi tubuh manusia. Beberapa fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Menjaga Kelembaban Organ di Dalam Tubuh agar Tetap Sejuk
Organ tubuh yang kekurangan air akan terlihat dari bentuknya yang semakin kempis. Hal ini disebabkan oleh hilangnya kelembaban pada setiap bagian organ tubuh. Begitu juga dengan kulit luar yang membungkus tubuh kita, ia akan terlihat kusam dan mengerut.
Selanjutnya, apabila kita kurang minum air mineral maka tubuh tidak akan cukup dalam mengeluarkan keringat. Hal ini akan berakibat sangat fatal, yaitu volume darah akan menurun sehingga sistem sirkulasi pun akan bermasalah. Efek yang akan kita rasakan secara langsung adalah pusing atau agak sesak napas.
Apabila kita kurang minum air mineral maka tubuh tidak akan cukup dalam mengeluarkan keringat. Hal ini akan berakibat sangat fatal, yaitu volume darah akan menurun sehingga sistem sirkulasi pun akan bermasalah. Efek yang akan kita rasakan secara langsung adalah pusing atau agak sesak napas.
Apabila tubuh kita mengeluarkan keringat maka itu merupakan salah satu isyarat bagi kita bahwa tubuh kita harus diisi ulang dengan banyak meminum air putih. Walaupun terasa geli dan gerah saat tubuh kita mengeluarkan keringat, akan tetapi berkeringat sangatlah penting. Dengan berkeringat, tubuh akan tetap terasa segar.

2.      Menjaga Volume dan Kekentalan Darah dan Getah Bening
Cairan dalam tubuh berfungsi untuk menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh mempunyai volume dan kekentalan yang cukup. Bila volume dan kekentalan darah dan getah bening terus terjaga maka sirkulasinya ke seluruh tubuh akan lancar. Dan, kesehatan tubuhpun akan tetap terjaga.
Sebenarnya efek dari kekurangan air dalam tubuh, secara keseluruhan, tidak terasa. Tetapi, pada saat tubuh kita kurang asupan air, secara otomatis, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan cara mengambil sumber dari komponen tubuh. Salah satunya adalah dari darah dan getah bening. Hal ini dilakukan agar kebutuhan dalam tubuh tetap terpenuhi. Sehingga, darah dan getah bening akan menjadi kental. Efek selanjutnya adalah aliran darah tidak akan lancar karena sudah mengental. Bukan cuma itu, penyerapan zat-zat makanan pun terganggu.
Di samping itu, kekurangan asupan air minum dalam tubuh banyak mempengaruhi terhadap kerja ginjal. Kenapa demikian? Ginjal berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Bila darah tersebut kenital (karena kekurangan air) maka ginjal dalam menyaring racun dalam darah akan kerja ekstra. Padahal saringan yang dimiliki ginjal adalah saringan yang sangat halus. Sehingga, bukan tidak mungkin akan terjadinya kerusakan fungsi ginjal. Dan, bisa saja kelak akan mengalami cuci darah, yang dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.
Kalau kita perhatikan pada masyarakat di kota-kota besar, seperti Jakarta, yang memiliki beban aktivitas fisik dan pikiran yang luarbiasa padat, akan berrisiko terhadap kondisi kekurangan cairan – apalagi orang yang bekerja full di ruangan ber-AC – bila orang tersebut tidak terlalu memperhatikan asupan air yang cukup. Dengan kondisi itu maka orang tersebut memiliki beban psikologis atau stres yang tinggi. Kalau sudah seperti itu maka orang-orang tersebut memiliki emosi yang tidak stabil, akan gampang marah.
Akan lebih berbahanya lagi jika aliran darah ke otak tersendat akibat dari kurang minum air putih. Mengapa demikian? Sel-sel otak merupakan sel paling boros dalam mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Bila perjalanan darah yang membawa makanan dan oksigen terhambat saat melewati otak karena terlalu kental maka berakibat terjadinya tidak berjalannya fungsi sel-sel otak secara optimal. Dan, akibat lain adalah sel-sel o9tak tersebut akan lebih cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke.

3.      Suhu Tubuh Akan Tetap Terjaga
Air memiliki peranan yang sangat peniting dalam pengaturan suhu tubuh. Pembentukan energi dari karbohidrat dihasilkan dari reaksi panas tubuh sendiri. Panas merupakan proses kimia yang digunakan untuk menjaga suhu tubuh agar kehidupan tetap berjalan. Bagi kita kekurangan air maka suhu tubuhnya akan naik. Setelah kondisi suhu tubuh naik dan melebihi kafasitas yang dibutuhkan oleh tubuh sendiri, misalnya olah raga, suhu atau cuaca panas, dan lain-lain, untuk menurunkan kembali suhu tubuh ke kondisi normal maka harus segera memberikan asupan air yang cukup. Setelah itu, secara otomatis tubuh akan bereaksi dengan melebarnya pembuluh darah dan kelenjar keringat akan mengeluarkan atau menghasilkan keringat lebih banyak. Sehingga, suhu tubuhpun akan kembali normal.

4.      Mendorong Keluarnya Racun dan Toksin dari Tubuh
Cairan yang keluar dari dalam tubuh, berupa keringat, air seni, dan pernafasan, adalah racun. Saat Anda meminum air hanya sedikit saja setiap harinya maka keringat yang keluar pun akan sedikit. Begitu juga dengan air seni, jika Anda meminum air putih hanya sedikit maka air seni yang Anda keluarkan akan berubah warna menjadi kuning keruh dan keinginan untuk buang air pun jarang. Kalau sudah seperti itu, berati racun dalam tubuh pun hanya sedikit yang keluar. Sementara racun yang tidak keluar akan menumpuk dan meracuni organ-organ tubuh. Akibatnya, badan akan mudah sakit dan tidak bugar.
Sebaliknya, bila Anda minum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya maka air tersebut akan banyak mendorong terbuangnya racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Hal itu terlihat dari keringat yang keluar dengan jumlah banyak, warna air seni yang jernih dengan inensitas buang air kecil yang relatif sering. Kalau sudah seperti itu, tubuhpun akan terasa bugar, sehat, dan tidak mudah terkena penyakit.

5.      Pengantar Vitamin dan Nutrisi
Makanan yang kita makan pastinya mengandung vitamin dan nutrisi. Vitamin dan nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga asupannya harus tetap kita perhatikan agar kesehatan pun akan tetap terjaga. Akan tetapi, nutrisi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan sia-sia (kurang efektif dalam proses penyerapan oleh tubuh) bila di dalam tubuh kita kekurangan air. Karena salah satu manfaat yang adalah sebagai media yang dapat mengantarkan vitamin dan nutrisi ke sel dan organ tubuh.
Dengan minum air bersih dan kaya mineral yang cukup maka vitamin yang terkandung dalam makanan akan lebih gampang diserap oleh tubuh melalui aliran darah. Sehingga, akan cepat pula vitamin tersebut menjadi energi. Jika Anda kekurangan air, vitamin dan nutrisi yang sudah Anda konsumsi akan terhambat. Akibatnya, daya tahan tubuh akan melemah.
Cairan dalam tubuh juga bermanfaat sebagai media yang dapat mengantarkan vitamin dan nutrisi ke seluruh sel dan organ tubuh. Dengan meminum air bersih dan kaya mineral maka vitamin yang terkandung dalam makanan akan lebih gampang diserap oleh tubuh melalui aliran darah.

6.      Memperlancar Sistem Pencernaan
Sakit mag dan sembelit merupakan permasalahan yang timbul pada sistem pencernaan, yang dapat menimpa siapa saja karena kurangnya cairan dalam usus. Ketika makanan melewati usus, dan usus harus menggilingnya, sedangkan usus tidak punya cukup cairan, maka usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk menjaga hidrasi. Selain itu, jika kurang air maka usus besar akan menyerap kembali cairan dari kotoran. Inilah penyebab sembelit dan susah buang air besar, yaitu karena kotoran terlalu kering setelah airnya disedot kembali oleh tubuh.
Akan tetapi, asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir dengan lancar. Dan, usus amat leluasa menggiling makanan dan menyerap sarinya. Oleh karenanya, mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup pada tiap harinya, akan memperlancar sistem pencernaan sehingga Anda terhindar dari masalah-masalah pencernaan, seperti mag ataupun sembelit. Pembakaran kalori pun akan berjalan efisien.

7.      Menjaga Kehalusan dan Kelembaban Kulit
Kulit yang kering, kusam, berkerut, dan terlihat tidak segar (cepat tua) menandakan orang tersebut kekurangan ciran. Disebabkan, cairan yang ada dalam kulit menjadi hilang. Jika terjadi pada Anda maka hal itu akan menjadi gangguan terhadap penampilan Anda.
Sebaliknya, jika suplai cairan ke dalam kulit tercukupi – dengan cara cukup minum air putih setiap harinya – maka akan membantu sel-sel kulit akan tetap sehat, karena kulit tersebut akan tetap halus dan lembab. Oleh karena itu, air sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Maka penampilanpun akan membuat Anda selalu percaya diri.

8.      Agar Terhindar dari Serangan Batu Ginjal
Tidak semua orang tau tentang fungsi ginjal bagi tubuh. Walaupun mereka tau tetapi tetap saja banyak di antara kita yang menyepelekan terhadap kesehatan ginjal. Ketika orang tersebut terkena batu ginjal baru menyadari berapa pentingnya akan kesehatan ginjal. Padahal kalau ditelusuri bahwa ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital dan berharga. Dengan ginjallah orang bisa bertahan hidup dan tetap sehat. Karena kalau ginjal kita sudah rusak maka akan berakibat fatal.
Ginjal memiliki saringan yang sangat halus dan rawan atau rentan terhadap kerusakan. Fungisnya adalah sebagai penyaring kotoran atau racun yang ada dalam darah; berupa nitrogen urea yang larut dalam air. Atau, dengan bahasa yang sederhana, ginjal dengan melalui saringannya tersebut sebagai pencuci darah yang kotor yang beredar di dalam tubuh kita.
Dari situ pasti Anda sudah paham, bahwa kalau penyaring yang ada di ginjal tersebut rusak maka racun-racun yang ada dalam darah tidak bisa disaring atau dicuci lagi. Dengan demikian Anda harus menjalankan cuci darah dengan cara medis. Ginjal akan berfungsi normal jika keseimbangan air dalam tubuh terjaga. Air merupakan perisai terampuh untuk melindungi tubuh dari serangan batu ginjal. Padahal biaya cuci darah bukan hal yang dapat terjangkau oleh semua kalangan; terutama oleh kalangan masyakarat kelas menengah ke bawah.
Setelah itu, sampah atau racun (dari hasil penyaringan darah yang mengandung racun) dapat mengendap dan kalau kita biarkan maka lama-kelamaan akan mengendap sehingga menjadi batu ginjal. Kalau sudah seperti itu siapa yang repot dan mersakan dampaknya? Pastinya kita-kita juga yang selalu mengabaikan terhadap kesehatan ginjal itu sendiri.
Untuk menjaga agar ginjal kita tetap terjaga kesehatannya maka kita harus mengusir sampah-sampah tersebut,– jangan sampai mengendap dan menjadi batu ginjal. Caranya sangatlah sederhana. Anda cukup memberikan asupan air yang cukup ke dalam tubuh. Dengan begitu kekentalan darah akan tetap terjaga sehingga dalam proses penyaringannya ginjal tidak dengan ekstra. Di samping itu, dengan cara membanjiri ginjal dengan air maka racun-racun tersebut akan didorong keluar oleh air dalam bentuk urine.
Ketika tubuh memiliki cairan yang cukup, urine akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila Anda hanya sedikit meminum air, risiko mengalami batu ginjal akan meningkat, terutama pada iklim hangat atau panas.

9.      Terhindar dari Dehidrasi
Rasa haus merupakan gejala awal atau alarm bahwa tubuh kita kekurangan air. Oleh karenanya, meminum air putih tidak perlu menunggu sampai rasa haus tersebut datang.
Cara lain mendeteksi cukup atau tidaknya Anda meminum air adalah dengan melihat warna urine. Apabila warnanya bersih (bening), berarti tubuh Anda sudah cukup memiliki kandungan air. Begitu juga sebaliknya, jika urine yang dikeluarkan tersebut berwarna kuning, berarti tubuh kita kekurangan cairan. Oleh karena itu, apabila hal tersebut terjadi, cepatlah minum air putih secukupnya.

10.  Membantu Meningkatkan Energi Otot
Jika cairan tubuh tidak seimbang maka efek yang dirasakan secara langsung adalah kelelahan otot. Hal tersebut disebabkan oleh sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit. Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup, tidak akan berfungsi dengan baik, dan kemampuannya pun berkurang. Oleh karenanya, sebelum dan saat berolahraga, dianjurkan untuk banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang lantaran menjadi keringat. Sebagaimana direkomendasikan oleh American College of Sports Medicine, dua jam sebelum berolahraga sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.

11.  Mengontrol Kalori
Belakangan ini banyak orang terobsesi untuk memiliki tubuh yang ideal. Sehingga berusaha dengan cara apa saja agar berat badanya yang tadinya gemuk menjadi langsing dan yang tadinya sudah langsing bagaimana caranya agar dapat mempertahankan kelangsingannya. Hal itu didukung oleh produk-produk obat yang menawarkan penurunan berat badang dengan cepat.
Tetapi apa yang terjadi? Banyak di antara mereka yang malah memiliki masalah baru; adanya efek samping dari program diet yang dijalaninya. Hal itu menjadikan problem baru.
Padahal kalau kita perhatikan bahwa makanan yang banyak mengandung air dan nonkalori – jika dikonsumsi dengan jumlah banyak – maka akan menurunkan berat badan. Tubuh akan menyerap secara perlahan makanan yang banyak mengandung air, kemudian menumbuhkan rasa kenyang. Beberapa makanan yang banyak mengandung air antara lain buah-buahan, sayuran, sup, gandum, dan kacang-kacangan.

12.  Membantu Tubuh Bebas Bergerak
Pernahkah Anda merasakan kaku pada persendian? Walaupun Anda tidak pernah merasakan atau tidak pernah menyadarinya, tetapi perlu Anda ketahui bahwa kekakuan pada persendian dan tulang adalah diakibatkan oleh kurangnya asupan air ke dalam tubuh. Sehingga sendi-sendi tulang dan otot tidak berfungsi dengan baik.
Untuk negantisifasi hal seperti ini sebenarnya sangatlah mudah. Anda cukup mengkonsumsi air yang cukup setiap harinya. Karena, air memiliki fungsi sebagai pelumas pada sendi-sendi tulang dan otot. Bila pelumas tersebut cukup maka fungsi sendi dan otot pun akan berjalan dengan baik.
Sendi-sendi tulang dan otot tidak akan berfungsi dengan baik jika di dalamnya tidak terdapat pelumas yang dihasilkan oleh air, yang membantu melenturkan tubuh kita.
Meminum air secukupnya bukan hanya karena merasa haus, tetapi juga demi kegunaan air bagi tubuh. Banyak risiko yang ditimbulkan bagi tubuh kita akibat kekurangan air. Apalagi, dalam sehari-hari, kita disibukkan dengan berbagai aktivitas. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Walaupun terlihat sepele, tetapi persoalan kekurangan air dalam tubuh berakibat sangat fatal.
Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk banyak minum air setiap hari. Dengan mengonsumsi air yang baik, kita dapat mempertahankan kesehatan. Kebiasaan minum air dengan banyak, baik sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan yang sehat.

1 komentar:

  1. Trm.ksh ,, ini sangat membantu saya dalam menjaga kesehatan tubuh :)

    BalasHapus