Lowongan Kerja Freelance

Lowongan Kerja Freelance
Dibutuhkan karyawan freelance dengan sistim kerja online. Bagi Anda yang tertarik silahkan lihat info selengkapnya di http://lowongankerjaonlinefreelance.blogspot.com/

Kamis, 12 Januari 2012

Pentingnya Air Bagi Tubuh Manusia


Sejak dulu, kebanyakan masyarakat kita selalu membawa bekal air minum bila hendak beraktivitas di mana pun atau ke mana pun, baik ke tempat kerja ataupun dalam perjalanan jauh maupun dekat. Hal ini membuktikan bahwa betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia. Bahkan, beberapa tahun terakhir ini, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan berbagai macam minuman yang menyegarkan dan memberikan stamina baru bagi seseorang yang memiliki mobilitas tinggi. Sehingga, bila haus di tengah jalan, kebanyakan dari kita lebih suka membeli sebotol minuman ringan beraroma teh atau soda, atau pun air mineral. Hal ini sudah menjadi tren tersendiri bagi masyarakat kita. Alasannya, minuman tersebut sangat praktis dan mudah didapat atau dibawa.  

Kebutuhan tubuh akan air memang tidak dapat terbantahkan. Selain sebagai penghilang dahaga, air juga sangat penting dalam memelihara keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Apabila asupan air ke dalam tubuh tidak seimbang dengan pengeluaran, maka sudah dipastikan kita akan mengalami gangguan ataupun dehidrasi.
Sebaiknya kita memilih minuman yang baik dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan dalam memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Air putih merupakan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan itu, walaupun pada kenyataannya minuman ini kalah populer dengan minuman beraroma dan beraneka rasa yang beredar di pasaran.   
Mungkin, banyak yang belum tahu arti penting mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh setiap hari. Atau, Anda sudah tahu, tapi malas untuk memenuhi jumlah takaran yang sesuai dengan anjuran dokter. Salah satu alasan yang jamak didengar adalah karena takut keseringan buang air kecil, repot, dan alasan-alasan lainnya yang membuat Anda malas untuk menjalankan hal tersebut.
Memang, risiko bagi kita yang banyak minum air adalah akan repot karena harus bolak-balik ke toilet. Namun, apabila dibandingkan antara risiko dan manfaat yang didapat, maka sudah pasti manfaatnya jauh lebih besar daripada repotnya.   
Salah satu manfaat yang didapat dari mengonsumsi air putih secara cukup adalah optimalnya proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kulit akan tampak segar dan terhindar dari kekeringan. Minumlah air yang bersih, mengandung mineral, serta bebas kontaminasi bakteri dan segala macam jenis penyebab penyakit. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa air merupakan sarana untuk menjadikan manusia selalu sehat, karena kesehatan dasarnya terpenuhi.   
Pada awal terbentuknya, ketika sel telur dibuahi di dalam rahim ibu,  tubuh manusia memiliki kandungan air sekitar 96%. Sedangkan setelah dilahirkan, kandungan air dalam tubuh manusia berkurang menjadi sekitar 80%. Begitu seterusnya, semakin tubuh manusia berkembang menjadi dewasa, maka persentase air dalam tubuhnya akan berkurang sampai pada batas yang tetap, yaitu sekitar 70% atau sekitar 2/3-nya.   
Perlu kita ketahui bahwa otak dan darah merupakan dua organ penting dalam tubuh yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Otak memiliki kandungan air sekitar 90%, darah memiliki kandungan air 95%, sedangkan tulang mengandung 22% air. Berdasarkan kenyataan ini, sudah jelas bahwa kandungan air dalam tubuh manusia merupakan komponen yang memiliki persentase paling besar, sehingga bisa juga dikatakan bahwa kita hidup sebagai air. Jadi, manusia itu sebenarnya air. Ini semua merupakan salah satu bukti autentik betapa kita tidak dapat terlepas dari air.
Perlu kita ketahui bahwa otak dan darah merupakan dua organ penting dalam tubuh yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Otak memiliki kandungan air sekitar 90%, darah memiliki kandungan air 95%, sedangkan tulang mengandung 22% air.
Berdasarkan hasil penelitian, manusia mampu mempertahankan hidupnya tanpa asupan makanan sama sekali selama 5–7 hari. Akan tetapi, manusia akan mati apabila selama 3 hari saja tidak kemasukan air (minum) sama sekali. Sebab, tubuh manusia memiliki kandungan air yang lebih banyak dibandingkan dengan zat lainnya.
Air yang sangat penting bagi kesehatan—dikarenakan efek bentuknya—disebut air hexagonal. Air tersebut berperan sebagai antioxidant dengan mengikat radikal bebas H+ dan OH-. Oleh karena itu, jika air seperti ini dikonsumsi, boleh jadi akan muncul berbagai reaksi di dalam tubuh, seperti pilek, bersin, batuk, mual, berkeringat, sering buang air besar maupun air kecil, dan lain sebagainya. Reaksi seperti ini wajar terjadi karena kemungkinan banyaknya racun di dalam tubuh, yang kemudian dibersihkan oleh air hexagonal. Untuk lebih jelasnya mengenai pentingnya air bagi tubuh manusia, berikut akan dijelaskan tentang fungsi dan manfaat air bagi tubuh, serta air yang terkontaminasi yang harus diwaspadai.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar