Lowongan Kerja Freelance

Lowongan Kerja Freelance
Dibutuhkan karyawan freelance dengan sistim kerja online. Bagi Anda yang tertarik silahkan lihat info selengkapnya di http://lowongankerjaonlinefreelance.blogspot.com/

Kamis, 12 Januari 2012

Terapi Mandi


  1. Mandi pagi dengan air dingin
Mandi merupakan rutinitas setiap hari dengan tujuan untuk membersihkan tubuh, apalagi mandi pagi. Pandi pagi adalah awal yang baik untuk memulai suatu aktivitas. Saat mandi pagi, tubuh kita yang masih menyisakan lelah setelah tidur semalaman bisa terasa segar dan siap melakukan aktivitas.

Bagi Anda yang menikmati waktu mandi, saatnya sekarang Anda bergembira. Karena mandi bukan saja dapat membersihkan tubuh atau badan saja, tetapi ternyata mandi pagi memiliki banyak manfaat lainnya yang berguna bagi kesehatan kita. berikut beberapa manfaat mandi pagi denga air dingin:
1.      Memperlancar peredaran darah
Jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, persedaran darah akan lebih lancar.  Kalau peredaran sudah lancar maka rasa nyeri, pegal-pegal pada tubuhpun akan hilang.
2.      Meningkatkan produksi sel darah putih
Mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Dengan begitu, penyakit pun tak mudah hinggap ke tubuh.
Sebagaimana dikemukakan oleh Retno Hemawati bahwa mandi tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stres. Tetapi, juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan; membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema; serta menyembuhkan masalah medis yang serius.
3.      Bisa menurunkan risiko darah tinggi
Dengan mandi air dingin di pagi hari juga bermanfaat untuk menurunkan risiko timbulnya darah tinggi. Sebagaimana dikemukakan oleh Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, risiku timbulnya darah tinggi pada seseorang dapat direda dengan cara mandi air dingin, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Karena sirkulasi dara ke organ-organ tubuh akan lancar.
4.      Meningkatkan kesuburan
Begitu juga dengan kesuburan pada wanita dan pria. Mandi air dingin dapat bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual pada pria dan wanita. Ini karena produksi hormon testosteron (pada pria) serta estrogen (pada wanita) akan meningkat.
5.      Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
Mandi air dingin di pagi hari juga dapat memperbaiki kesehatan jaringan tubuh. Yaitu: jaringan kulit akan semakin membaik,  menghilangkan noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata, dan memperbaiki jaringan kuku. Dengan mandi pagi kulit tidak lagi kering dan menjadi lebih kenyal, kesegaran wajah akan semakin terpancar, dan kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

6.      Membuat rambut lebih sehat
Mandi pagi dengan air dingin juga mampu menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.
7.      Meredakan depresi
Mandi air dingin bisa bermanfaat untuk meredakan depresi dan stres yang kita alami. Bagi Anda yang memiliki aktivitas yang sangat padat dan menyita fisik dan pikiran, maka stres pun akan selalu menghantuinya, seperti rasa suntuk, tegang atau depresi. Kalu hal itu dibiarkan begitu saja maka kondisi tubuh akan lemah, dan penyakitpun akan dengan mudah menyerang tubuh. Oleh karena itu dengan melakukan madi pagi dapat membatu mengembalikan tubuh kembali menjadi terasa lebih segar, pikiran menjadi lebih tenang, jernih, dan lebih rileks.
Mandi pagi dengan air dingin merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh para para pejuang samurai Jepang tempo dulu sebagai ritual. Dalam bahasa Jepang, ritual ini biasa disebut misogi. Bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Sehingga memiliki semangat yang tinggi ketika mereka menjalani hari-hari.

Mandi dengan air dingin juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan, seperti semacam batuk, pilek, suara serak karena kurang tidur. Di samping itu, penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, usus, penyakit kewanitaan, serta gangguan jiwa dapat disembuhkan dengan terapi mandi dengan air dingin.
Banyak pengalaman ataupun penelitian yang membuktikan bahwa mandi air dingin mengandung banyak manfaat, salah satunya adalah Carles Darwin.  Pada tahun 1857, ia mengalami rasa sakit, mual, dan nyeri. Selanjutnya, ia menjalani terapi mandi dengan air dingin, dan penyakitnya pun berangsur-angsur sembuh.
Pada waktu itu ia mempertanyakan tentang khasiat mandi dengan air dingin. Tetapi sayangnya sampai ia meninggal pertanyaan itu tidak mampu ia jawab.
Tidak berhenti sampai di situ, para ilmuan lain terus mengembangkan ilmu pengetahuan, terutama di bidang kesehatan. Salah satunya yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset thrombosis di London, Inggris. Ia melakkan penelitian mengenai mandi air dingin. Hasil penelitian yang dilakukannya ternyata membauktikan bahwa mandi air dingin dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Fakkar, direktur lembaga riset tersebut, mengingatkan bahwa tubuh manusia masih bisa bertahan untuk menahan rasa dinginnya air minimal pada suhu 15 oC.
Fakkar pernah melakukan penelitian terhadap 5.000 orang. Penelitian ini dilakukan karena ia menjumpai pasien yang menderita keletihan tanpa sebab apa pun. Setelah mandi dengan air dingin, pasien tersebut sembuh. Sebelumnya, si pasien hanya mampu berbaring letih di ranjang selama 17–19 jam setiap hari, tidak kuasa lagi memusatkan pikiran, dan lemah serta letih. Namun, setelah mandi teratur dengan air dingin, keadaannya tampak membaik.
Saat kulit terkena rangsangan dingin, pembuluh darah akan mengerut. Saat pembuluh darah menyempit, otak besar memerintahkan agar mengirim darah panas secepatnya. Darah panas yang mengalir secara refleks semakin lama semakin tinggi, sehingga pertahanan tubuh mendapat alarm agar bersedia mempertahankan diri. Akibatnya, kuman-kuman penyakit yang berada di dalam tubuh akan dibasmi dengan cepat.
Saat kulit terkena rangsangan dingin, pembuluh darah akan mengerut. Saat pembuluh darah menyempit, otak besar memerintahkan agar mengirim darah panas secepatnya. Darah panas yang mengalir secara refleks semakin lama semakin tinggi.

  1. Mandi dengan Air Hangat
Bukan cuma air dingin yang memiliki khasiat dalam menyembuhkan penyakit yang diderita manusia, air hangat juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam New England; Journal of Medicine, menunjukkan beberapa temuan penting mengenai manfaat mandi air panas:
·           Menurunkan gula dara sebesar 13 %. Bagi Anda penderita diabetes, cukup meluangkan waktu selam a30 menit untuk melakukan berendam/mandi air hangat.
·           Memperbaiki kesehatan jantung, terutama untuk lelaki.
·           Mengeluarkan racun. Mandi dengan air bersuhu antara 32 – 35 oC dapat membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh.
·           Menyembuhkan sakit otot/pegal.
·           Menjaga usus besar bekerja dengan baik. Anda dapat melakukannya selama 10 – 20 menit.
·           Membantu mengatasi penyakit kulit. Caranya dengan menambahkan Sodium bicarbonate kedalam air mandi. Sodium bicarbonate akan bertindak sebagai bahan antiseptik. Isikan air mandi dengan sodium bicarbonate lalu berendam didalamnya 10 – 20 menit.
·           Membantu menyembuhkan selesma, sakit kepala dan menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air panas secukupnya sehingga melewati pergelangan kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak seperti minyak lavender, peppermint atau lemon. Bilas dengan air dingin. Lakukan terapi ini selama 10-20 menit.

Penelitian terpisah di Jepang, juga menunjukkan bahwa 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung—baik pria maupun wanita; membantu menjalani tes olahraga dengan lebih baik; serta mengurangi rasa sakit.

  1. Mandi Menggunakan Air Dingin dan Hangat
Terapi penyembuhan penyakit juga dapat Anda lakukan dengan perpaduan antara air hangat dan air dingin. Dengan perpaduan ini, terapi lebih kumplit dan lebih cepat untuk mengusih atau menyembuhkan penyakit yang diderita.
Di negara maju, terapi ini sudah banyak dilakukan oleh para ahli pengobaan alternatif, salah satu contoh digunakan oleh Vincenz Priesnitz dan Pastor Sebastian Kneipp, keduanya asal Jerman. Mereka memanfaatkan air hangat dan air dingin sebagai penyembuhan. Semula, pasien dimasukkan ke dalam bak air hangat agar berkeringat. Kemudian, ia dipindah ke bak air dingin, dan diminta berjalan-jalan beberapa saat agar berkeringat. Terakhir, ia mandi lagi dengan air dingin. Pertukaran suhu dari panas ke dingin inilah, yang menjadi kunci rahasia pengobatan ahli Jerman tersebut.
Walaupun di Indonesia belum begitu populer dengan terapi ini, tapi tidak salahnya jika Anda mencoba menggunakan terapi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar