Lowongan Kerja Freelance

Lowongan Kerja Freelance
Dibutuhkan karyawan freelance dengan sistim kerja online. Bagi Anda yang tertarik silahkan lihat info selengkapnya di http://lowongankerjaonlinefreelance.blogspot.com/

Kamis, 12 Januari 2012

Waspada terhadap Air yang Terkontaminasi


Di kota-kota besar, kebutuhan akan air bersih merupakan permasalahan yang krusial. Sebab, kebanyakan air sudah terkontaminasi oleh limbah, baik limbah industri maupun limbah rumah tangga. Hal ini mengakibatkan kesulitan untuk mendapatkan air bersih sebagai kebutuhan sehari-hari, seperti minum, cuci, mandi, dan lain sebagainya.

Demikianlah kondisi atau keadaan yang terjadi di kota-kota besar, sehingga air bersih menjadi barang komoditas ekonomi yang mahal. Bisa jadi, pada sebagian orang, air bersih dirasakan sebagai barang yang mewah. Pada akhirnya, tidak semua orang bisa merasakan dan menggunakan air bersih dengan mudah. Hanya orang-orang yang mampu yang dapat merasakan manfaat air bersih. Sementara orang-orang yang tidak mampu, terpaksa harus menggunakan air yang tercemar atau terkontaminasi.
Kalau kita perhatikan, tidak semua air yang ada di sekeliling kita itu aman untuk digunakan atau dikonsumsi. Walaupun secara fisik terlihat bersih, jernih, dan tidak berbau, namun semuanya itu bukanlah satu-satunya jaminan bahwa air tersebut baik dan sehat untuk diminum. Sebab, tidak semua air yang terkontaminasi dapat ditemukan adanya perbedaan yang mencolok secara fisik dengan air yang bersih, sehingga dapat dilihat, dicium, dan dirasakan oleh panca indra. Lebih jauh, bisa jadi air yang akan kita gunakan sudah terkontaminasi zat lain yang berbahaya bagi tubuh kita. Sementara, zat tersebut tidak mengubah warna, rasa, dan bau pada air.
Berikut adalah beberapa jenis dan sumber kontaminan berbahaya. Pertama, timah. Timah berasal dari bekas las pipa dan sejenisnya. Air yang terkontaminasi oleh logam timah dapat menyebabkan penggunanya terkena penyakit anemia. Sedangkan bagi anak-anak, air tersebut dapat menghambat perkembangan tubuhnya.
Air yang terkontaminasi oleh logam timah dapat menyebabkan penggunanya terkena penyakit anemia. Sedangkan bagi anak-anak, air tersebut dapat menghambat perkembangan tubuhnya.
Kedua, mikrobiologi. Mikrobiologi sangat mudah berkembang biak dalam saluran pipa dan tangki-tangki penampung, sehingga sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh kita.
Ketiga, Vinyl Chloride yang berasal dari pipa berbahan PVC. Keempat, partikel akibat karat pada saluran pipa dan tangki penampung. Partikel tersebut berbahaya bila terkontaminasi di dalam air yang kita gunakan sebagai sumber air minum.
Kelima, limbah industri lainnya, seperti merkuri, yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Ada juga radon, yang dapat merangsang terjadinya kanker lambung.
Selain yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak lagi kontaminan lainnya. EPA (Environmental Protection Agency) memperkirakan bahwa 2–10% kanker kandung kemih disebabkan oleh kontaminan berbahaya yang terdapat pada air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar